Cara merawat kerudung berbahan sutra

Berikut langkah-langkah merawat kerudung sutra :

  • Hindari mencuci kerudung sutra dengan sabun deterjen karena dapat merusak serat-serat sutra. Gunakan shampoo, sabun mandi atau lerak sebagai gantinya.
  • Saat mencuci, hindari menggunakan sikat atau mesin cuci. Cukup dicelup-celupkan. Jangan dikucek terlalu keras dan diperas karena sutra akan menjadi kusut dan sulit kembali ke bentuk semula.
  • Setelah dibilas, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung karena warnanya akan memudar. Cukup digantung lalu diangin-anginkan saja.
  • Jika kerudung sutra Anda agak kusut, boleh saja disetrika dengan suhu khusus sutra. Bahan sutra yang lembut dan tipis akan mudah gosong jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas.
  • Karena lembut dan tipis, tusukan peniti atau jarum pada kerudung sutera mudah sekali membekas. Cara menghilangkannya dengan cara menyemprotkan air ke bekas tusukan peniti atau jarum, lalu setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas.
  • Sebisa mungkin hindari kerudung sutra Anda dari kemungkinan tergores atau tersangkut benda tajam. “Kecelakaan” kecil ini bisa membuat kerudung sutra Anda sobek. Sayang sekali, bukan?

Diambil dari Harian Republika, 30 September 2007

Artikel diambil dari sini

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: